Iklan


Teras Post
Wednesday, 12 January 2022, January 12, 2022 WIB
Last Updated 2022-01-12T15:48:59Z
BITUNGHUKRIM

Bukan Uang Palsu, tapi Benda ini yang digunakan Mengelabui Korban Penggandaan Uang di Bitung



TerasPost.id, Bitung - Aksi yang dilakukan oleh HW tergolong berani. Pasalnya,  dia berhasil mengelabui korbannya dengan iming iming mampu menggandakan uang hingga berkali kali lipat. 


Tak tanggung tanggung, pria 49 tahun, warga Mahawu, Tuminting ini berhasil meraup uang hingga puluhan juta rupiah lewat aksinya itu. 


Bahkan sempat membeli mobil untuk memuluskan ulahnya, " untuk operasional." kata HW. 


Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma mengatakan, pelaku mengelabui korban hanya bermodalkan uang mainan yang dibeli di pasar. 


" anak anak juga bisa beli di pasar, tapi tidak bisa digunakan." jelas Kapolres dalam jumpa pers Rabu(12/01/22). 


Tersangka yang pekerjaan sehari harinya mengaku sebagai pedagang pasar ini, mengatakan baru pertama kali melakukan aksinya. 


Selain berupa uang mainan pecahan Rp.100.000 yang dimasukkan ke dalam koper dan dua dus besar, tersangka juga menggunakan beberapa benda seperti patung jenglot, keris dan lainnya untuk memuluskan aksinya. 


Sebelumnya, tersangka diamankan oleh gabungan  Tim Tarsius Presisi Polres Bitung bersama Polsek Aertembaga pada Sabtu(08/01/22), atas laporan IAN, warga kelurahan Aertembaga, Bitung,  yang merasa tertipu oleh HW. 


Dari informasi yang dihimpun, korban dikenalkan oleh seseorang kepada tersangka. Korban kemudian mentransfer uang sebesar 52juta rupiah dengan iming iming dilipat gandakan hingga 8miliar. 


Saat ini, HW telah ditahan di ruang tahanan Polres Bitung beserta barang bukti. Atas aksinya itu, HW dikenai pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (18226)